Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tragedi SMK Lingga Kencana Depok Jadi Perhatian Publik. Ini Deretan Kecelakaan Bus Bawa Rombongan Siswa

 

Rombongan bus SMK Lingga Kencana Depok mengalami kecelakaan di Subang, Jawa Barat, Sabtu, 11 Mei 2024. Foto : Istimewa


MAJALAHJURNALIS.Com (Jakarta) - Perhatian publik hari-hari ini terpaku pada peristiwa kecelakaan bus yang membawa rombongan siswa SMK Lingga Kencana di Subang, Jawa Barat pada Sabtu malam, 11 Mei 2024.
 
Kecelakaan melibatkan bus berpenumpang rombongan anak didik tercatat acap terjadi. Dalam dua tahun terakhir, dalam rentang 2022-2024 saja jumlahnya sudah mencapai belasan.
 
Siapakah yang berani tanggungjawab, semuanya pasti buang badan. Derita orangtua siswa semakin dalam, acara perpisahan ataupun study tour terkesan sebuah proyek yang menjanjikan untuk pemasukkan dan terkesan ada yang dipaksakan untuk dilaksanakan pihak sekolah bersama komite, semakin jauh semakin mahal nilainya. Manfaatnya, tidak ada buat siswa. Inikah termasuk salah satu program pemerintah?
 
Nyawa tak dapat diganti. Mungkin ini sudah takdir, sebutan itu hanya pantas disebut sebagai pengobat hati yang sudah remuk gegara program sekolah yang mencari keuntungan.
 
Inilah deretan kecelakaan yang melibatkan bus berpenumpang murid, pelajar, maupun siswa dalam kurun beberapa waktu terakhir, yang sulit dibayangkan :
 
Bus Rombongan Perpisahan Siswa SMK Lingga Kencana
 
Kecelakaan ini terjadi saat rombongan siswa sekolah SMK Lingga Kencana asal Depok itu mengadakan perpisahan kelas XII di Bandung pada 10-11 Mei 2024.
 
Sebanyak 112 siswa dan 28 guru ikut dalam acara tersebut dengan menggunakan tiga bus. Peristiwa naas ini terjadi setelah acara perpisahan usai pada Sabtu malam, 11 Mei 2024.
 
Bus Trans Putera Fajar bernomor polisi AD 7524 OG bertolak dari Bandung untuk kembali ke Depok via Subang pada Sabtu itu. Kecelakaan terjadi saat bus melaju di Jalan Raya Kampung Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat.
 
Bus tiba-tiba oleng ketika melintasi ruas jalan yang menurun. Akibatnya menabrak sepeda motor yang berada di jalur berlawanan.
 
Bus lantas terguling dengan posisi ban kiri di atas. Kejadian nahas ini terjadi pada pukul 18.45 WIB. Berdasarkan data yang diperoleh dari kepolisian, kecelakaan bus tersebut mengakibatkan 12 orang tewas. Mereka adalah 10 siswa dan 1 guru SMK Lingga Kencana, sementara satu korban lainnya adalah pengendara motor. Selain itu, 17 orang rombongan sekolah itu juga mengalami luka berat.
 
Bus study tour siswa SMA Negeri 1 Sidoarjo
 
Pada Januari lalu, kecelakaan bus yang membawa siswa juga terjadi. Bus tersebut mengangkut rombongan study tour dari SMA Negeri 1 Sidoarjo. Bus pariwisata itu terperosok dan terguling di parit, tepatnya di KM 575A Tol Ngawi yang mengarah ke Surabaya pada 18 Januari 2024.
 
Kecelakaan dipicu oleh upaya sopir bus menghindari truk muatan buah rambutan yang mengalami pecah ban dan oleng di depannya. Bus rombongan dengan nomor 3 itu menabrak bagian belakang truk dan akhirnya kehilangan kendali. Bus lalu terguling serta terperosok ke parit sebelah kiri jalan tol. Ada dua korban meninggal, yakni satu guru dan satu siswa. Selain itu, 14 siswa mengalami luka-luka.
 
Bus rombongan pramuka asal Ciamis
 
Penghujung 2023, tepatnya Ahad, 24 Desember, bus rombongan pramuka asal Ciamis terguling di Jalan Raya Kiarapayung, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, sekitar pukul 14.50 WIB.
 
Bus tersebut berpenumpang puluhan orang. Terdiri dari guru dan pelajar asal Kabupaten Ciamis. Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Polres Sumedang Iptu Awang Munggardijaya menyebut ada 10 pelajar yang mengalami luka serius.
 
Bus rombongan study tour murid SMPN 3 Depok
 
Bus yang membawa rombongan murid SMPN 3 Depok dikabarkan mengalami kecelakaan di Tol Cipali saat dalam perjalanan study tour menuju Yogyakarta pada Kamis, 5 Oktober 2023.
 
Dalam video yang beredar di media sosial, tampak bus belakang mengerem mendadak lalu menabrak bus di depannya. Pemicunya lantaran disalip mobil box. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam laka lintas ini.
 
Bus rombongan murid SMPN 3 Garut
 
Bus pariwisata yang mengangkut rombongan siswa SMPN 3 Garut bertabrakan dengan dua sepeda motor di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Ahad malam, 12 Februari 2023. Bus terguling dan menimpa satu pemotor hingga tewas. Kecelakaan bus bernomor polisi D 7764 AS dengan dua sepeda motor bernomor polisi AA 3968 WD dan AA 3586 BL ini terjadi di Jalan Daendels, depan rest area Pejagran, Desa Pejagran, Kecamatan Ngombol, Purworejo.
 
Kanit Gakkum Satlantas Polres Purworejo, Iptu Eko Rusdianto mengatakan pemotor yang tewas di lokasi itu atas nama Riyan Prasetiyo, 21 tahun, warga Desa Pasaranom, Kecamatan Grabag, Purworejo.
 
Sedangkan pengendara motor lainnya patah kaki, atas nama Khoirul Muhtamam, 24 tahun, warga Desa Tanjungsari, Kecamatan Kutowinangun, Kebumen.
 
Bus rombongan TK Al-Hidayah Desa Jatitengah
 
Sebanyak dua bus pariwisata yang ditumpangi rombongan TK Al-Hidayah Desa Jatitengah Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar mengalami kecelakaan di kawasan Desa Watuagung, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Selasa, 14 Februari pukul 17.30 WIB.
 
Plt Camat Selopuro Kabupaten Blitar, Murlina mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Diketahui 118 penumpang mengalami luka ringan dan luka berat.
 
Bus rombongan murid SMP Negeri 4 Tangerang
 
Bus rombongan murid SMP Negeri 4 Tangerang terlibat tabrakan beruntun di Jalan Tol Jakarta Cikarang KM 18, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Rabu, 15 Februari 2024. Plt Senior Manager Representative Office 1 PT Jasamarga Transjawa Tol, Nouval M Rizky, mengatakan, kecelakaan melibatkan empat kendaraan bus dan satu kendaraan yang tidak diketahui identitasnya pada pukul 06.37 WIB.
 
Kendaraan yang terlibat yaitu satu unit kendaraan yang kabur, tiga Bus Star Bus yang masing-masing bernopol B 7344 TGD, B 7512 TGC dan B 7892 FGA serta Bus Trans Utama dengan nomor polisi B 7739 TCD.
 
“Kelima kendaraan melaju dari arah Jakarta, setibanya di TKP (tempat kejadian perkara), tabrakan terjadi karena diduga kurang antisipasi jarak aman,” ujar Nouval dalam keterangannya.
 
Akibat insiden tabrakan beruntun itu, 10 orang terluka. Mereka yang menjadi korban terdiri dari murid-murid serta guru SMP Negeri 4 Tangerang dan penumpang bus dari Trans Utama. Tujuh orang merupakan penumpang dari rombangan SMP Negeri 4 Tangerang, sementara tiga lainnya korban dari unit bus Trans Utama.
 
Bus rombongan pelajar Asahan
 
Bus pariwisata yang mengangkut rombongan pelajar asal Asahan, Sumatera Utara terlibat tabrakan dengan sepeda motor di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), Desa Liberia, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara.
 
Akibat kecelakaan, bus tersebut ludes terbakar. Kasat Lantas Polres Sergai AKP Andita Sitepu mengatakan peristiwa itu terjadi pada Jumat malam 17 Februari 2023.
 
“Sebelum terbakar bus tabrakan dengan sepeda motor dan (motornya) masuk ke dalam kolong bus terseret beberapa meter mengakibatkan percikan api yang diduga menyambar BBM dari tangki sepeda motor lalu terbakar,” kata AKP Andita Sitepu dikonfirmasi wartawan, Sabtu, 18 Februari 2023.
 
Kecelakaan tersebut menewaskan si pemotor bernama Septian Dwi Cahyo, 27 tahun, warga Marelan, Medan. Warga sempat menolong korban dengan membawa korban ke Rumah Sakit Umum Sultan Sulaiman Sergai.
 
Adapun bus pariwisata dikemudikan oleh Sopian Marpaung, 42 tahun, itu membawa rombongan pelajar pulang kegiatan manasik haji dari Medan menuju Asahan. Total penumpang 50 orang terdiri dari 45 orang pelajar, 4 orang guru dan seorang kernet. Beruntung sebelum api membesar dari kolong bus seluruh penumpang berhasil keluar.
 
Bus rombongan study tour murid MTs Darul Fallah Cijati
 
Bus yang mengangkut rombongan study tour MTs Darul Fallah Cijati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, mengalami kecelakaan di tol Semarang-Batang pada Senin, 28 Februari 2024 dini hari. Wakil Kepala Bidang Kurikulum MTs Darul Fallah Cijati, Lili Ramli mengatakan, rombongan sekolahnya berangkat studi wisata ke Yogyakarta pada Sabtu malam, 26 Februari. Adapun kecelakaan terjadi saat perjalanan pulang menuju Majalengka.
 
Insiden kecelakaan ini terjadi di wilayah Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah sekitar pukul 01.00 WIB. Kecelakaan bus yang ditumpangi 58 orang itu menewaskan 1 orang siswa yang sedang mengikuti praktik kerja lapangan (PKL) di perusahaan bus tersebut. Selebihnya hanya mengalami luka ringan dan prakti.
 
“Bus rusak di bagian depan sebelah kiri. Nah, di samping sopir ada anak PKL yang ikut, itu yang meninggal. Dia terpental sama kondektur sampai keluar, kondektur kakinya sampai patah,” kata Lili.
 
Bus rombongan wisata murid MI Miftahul Ma’arif Kudus
 
Bus Pariwisata PO Kalingga yang membawa rombongan wisata dari MI Miftahul Ma’arif Kudus mengalami kecelakaan tunggal, menabrak bukit di tepi jalan Bayeman, Desa Tlahab Lor, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Kamis, 3 Maret 2022 sekira pukul 04.00 WIB. Dalam peristiwa ini, satu orang dikabarkan meninggal dunia, sementara 21 lainnya dirawat di rumah sakit.
 
Bus rombongan murid SMPN 1 Kepanjen
 
Bus yang ditumpangi rombongan SMPN 1 Kepanjen, Malang terlibat dalam kecelakaan beruntun di Exit Tol Karanganyar atau KM 514 arah Solo, Rabu, 11 Mei 2022 sekira pukul 02.30 WIB. Seno, petugas Senkom Tol Jasa Marga Solo Ngawi mengatakan, kendaraan yang terlibat adalah satu truk, tiga bus, dan satu mobil.
 
“Ada yang meninggal satu orang, tapi identitasnya belum lengkap. Infonya kernet bus,” ujarnya. Selain itu belasan orang mengalami luka, temasuk sopir bus.
 
Rombongan murid SMP Labschool Unesa 2 Surabaya
 
Bus rombongan siswa SMP Labschool Unesa 2 Surabaya yang membawa mereka mengalami tabrakan beruntun di Baturiti, Tabanan, Bali pada Juni 2022. Kecelakaan mengakibatkan satu orang tewas dan delapan lainnya luka-luka.
 
Sebanyak 42 siswa dan empat guru yang berada di dalam bus telah kembali ke Surabaya pada Selasa, 21 Juni 2022. Mereka lalu mnjalani trauma healing dari tim Satuan Mitigasi Crisis Center (SMCC) Universitas Negeri Surabaya (UNESA).
 
Bus rombongan siswa SMAN 1 Wonosari
 
Bus rombongan siswa SMAN 1 Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta alami kecelakaan yang mengakibatkan kernet bus tewas di KM 760 ruas tol Porong-Sidoarjo, Jawa Timur.
 
Kejadian tepatnya terjadi wilayah Candi, Sidoarjo, Jatim, sekitar pukul 01:30 WIB, 7 Juli 2022. Bus nopol AB 7049 BK itu menghantam keras truk tronton muatan air galon.
 
Bus rombongan murid dan guru MTs Annur Sawahan
 
Sebuah bus yang mengangkut 28 siswa dan 2 orang guru MTS Annur Sawahan, Turen mengalami kecelakaan pada Sabtu, 13 Agustus 2022. Bus terguling dan terperosok ke tebing dekat perkebunan warga di Desa Plandi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang.
 
Kapolsek Wonosari Iptu Anwari Sidiq mengatakan ada 31 penumpang yang berada dalam bus malang itu, terdiri dari 28 siswa, 2 orang guru dan satu pengemudi.
 
Akibat peristiwa itu, salah seorang siswa atas nama Karomatun Nisa terkilir di bagian pinggangnya. Hal itu membuat korban harus menjalani perawatan di Puskesmas Ngajum. “Kemudian 1 siswa atas nama Billy megalami luka lecet karena terkena pecahan kaca. Penumpang lainnya selamat,” ungkap Sidiq.
 
Bus rombongan Siswa SPN Polda Jambi
 
Bus yang mengangkut rombongan siswa Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jambi tabrakan dengan mobil truk pengangkut kayu terjadi di Simpang IV Pall X Kota Baru, Jambi.
 
Akibatnya, satu siswa SPN tewas di lokasi kejadian. Tabrakan terjadi di jalan Marsda Surya Dharma di Simpang IV Paal X depan Polsek kota Baru, Kota Jambi, sekitar pukul 07.00, Selasa, 7 Desember 2022.
Sumber : Tempo.co

Post a Comment

0 Comments