Ticker

7/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Dianggap Kekayaan Tak Wajar, Sri Mulyani Copot Rafael dari Kabag Umum Kanwil DJP Jaksel

 

Pejabat Pajak Rafael Alun Trisambodo. ©2023 Merdeka.com


MAJALAHJURNALIS.Com (Jakarta) - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati resmi mencopot Rafael Alun Trisambodo dari jabatannya. Keputusan ini diambil setelah sorotan tajam dari masyarakat terkait kekayaan yang dianggap tidak wajar. Dalam Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN), tercatat harta Rafael Alun Trisambodo yang merupakan ayah Mario Dandy tersebut mencapai Rp 56,1 miliar.
 
"Saya sudah instruksikan kepada Inspektorat Jenderal untuk melakukan pemeriksaan harta kekayaan dan dalam hal ini kewajaran dari harta dari saudara RAT. Maka mulai hari ini saudara RAT saya minta untuk dicopot dari tugas dan jabatannya," kata Sri Mulyani saat melakukan konferensi pers secara virtual, Jumat (24/2/2023).
 
Meski begitu, Rafael yang merupakan ayah Mario Dandy tersebut tetap memperoleh gaji. Sebab, yang bersangkutan masih berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).
 
"Masih (dapat gaji), tapi tunjangannya gak dapat. Status beliau masih pegawai negeri sipil," kata Inspektur Jenderal Kemenkeu Awan Nurmawan Nuh.
 
Iwan tidak merinci lebih lanjut terkait besaran gaji yang diterima Rafael Alun pasca dicopot Kepala Bagian Umum Kanwil DJP Jakarta Selatan. Dia juga belum menyebut lebih lanjut terkait jabatan yang akan diemban Rafael setelah dicopot.
 
Pencopotan Rafael ini dalam rangka untuk memudahkan proses pemeriksaan terkait harta kekayaan yang dimiliki. Proses pemeriksaan oleh internal sendiri dapat memakan waktu paling cepat 5 hari kerja.
 
"Tergantung nanti, kalau berkembang kita lanjutkan terus, biasanya 5 hari. Bisa saja pegawai negeri ada penghasilan lain atau keluarganya ada usaha, itu yang kita cek," ucapnya.
 
Sumber : Merdeka.com

Post a Comment

0 Comments