Ticker

7/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Lini Serang Timnas Indonesia U-20 Pilihan STY Sudah Oke

 

Shin Tae-yong. @Okezone


MAJALAHJURNALIS.Com (Jakarta) - Pemilihan pemain di lini serang Timnas Indonesia U-20 oleh bisa dikatakan oke meski Shin Tae-yong tak memanggil enam pemain lama pada pemusatan latihan persiapan Piala Asia U-20 2023 yang digelar sepanjang Februari 2023.
 
Ada 30 pemain yang mengikuti TC Timnas Indonesia di Eropa. Akan tetapi ada 10 nama yang tak lagi mendapatkan panggilan dari Shin Tae-yong.
 
Enam di antaranya adalah pemain-pemain yang berposisi di lini serang. Mereka adalah Mohammad Akrom, Rahmat Beri Santoso, Widi Syarief, Razza Fachrezi, Arsa Ahmad, dan Ricky Pratama.
 
Sebagai gantinya, ada dua nama pemain anyar yang mendapat kesempatan untuk membuktikan kemampuannya kepada tim pelatih Timnas Indonesia U-20. Adapun nama-nama lainnya merupakan wajah lama.
 
Meskipun ada enam penyerang yang tak dipanggil, lini serang Timnas Indonesia U-20 memang tetap punya ketebalan mengingat ada beberapa stok pemain yang bisa digeser ke posisi ini.
 
Karakter Striker Nomor Sembilan
 
Setidaknya, ada tiga nama pemain yang bisa menempati posisi nomor sembilan di skuad Timnas Indonesia U-20. Mereka adalah Hokky Caraka, Rabbani Tasnim, dan Arkhan Kaka Putra Purwanto.
 
Dua nama pertama memang sudah menjadi langganan Shin Tae-yong. Hokky kerap menjadi pilihan utama, sedangkan Rabbani beberapa kali muncul sebagai pelapis yang sepadan.
 
Adapun nama pemain terakhir, yakni Arkhan Kaka, adalah striker muda potensial jebolan Timnas Indonesia U-16. Namanya melejit setelah membantu timnya meraih gelar juara Piala AFF U-16 2022.
 
Kiprah striker berusia 15 tahun ini memang cukup mentereng. Ia mampu mencetak tujuh gol ketika tampil di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.
 
Jumlah ini membawanya ke urutan kedua pencetak gol terbanyak. Ia hanya kalah satu gol dari Nestory Irankunda dari Australia dan Wang Yudong asal China yang mencetak delapan gol.
 
Stok Penyerang Sayap
 
Salah satu skema andalan yang kerap digunakan Shin Tae-yong di skuad Timnas Indonesia U-20 adalah menerapkan formasi 3-4-3 maupun 3-5-2.
 
Dengan kata lain, skema pertama membutuhkan dua penyerang sayap untuk menemani satu striker di posisi nomor 9, sedangkan formasi kedua membutuhkan duet dua pemain di ujung tombak.
 
Para pemain yang sudah sering mendapat tugas dari Shin Tae-yong untuk menjadi penyerang sayap adalah Ginanjar Wahyu dan Ronaldo Kwateh. Ada pula Marselino Ferdinan yang juga bisa menempati posisi ini.
 
Untuk pemain terbaru, Shin Tae-yong tentu mencoba potensi Hugo Samir. Biasanya, ia diplot sebagai penyerang sayap, terutama di sektor kanan.
 
Anak kandung dari Jacksen F Tiago ini tentu bakal menjadi opsi alternatif baru Timnas Indonesia di sektor penyerangan.
 
Opsi Menggunakan False Nine
 
Jika melihat stok pemain yang ada untuk pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong juga bisa menerapkan skema 3-5-2 dengan memasang dua penyerang di lini serang.
 
Tak hanya itu, ada pula alternatif lainnya, yakni menempatkan pemain tertentu untuk memainkan peran false-nine. Beberapa peran ini bisa dimainkan oleh Marselino Ferdinan maupun Ginanjar Wahyu.
 
Opsi ini bisa digunakan untuk mengakomodasi para pemain di lini tengah yang kerap kesulitan menggantikan sosok Marselino Ferdinan yang selalu jadi pilihan utama Shin Tae-yong.
 
Adapun bagi Ginanjar Wahyu, peran ini berpotensi diberikan kepadanya mengingat ia menjadi pemain yang punya kemampuan multi-posisi. Hal itu ditunjukkannya bersama Persija Jakarta di musim ini.
 
Daftar 30 Pemain Timnas Indonesia U-20
 
Nama Pemain di Pemusatan Latihan Timnas Indonesia U-20:
1. Arkhan Fikri - Arema FC
2. Dimas Juliano Pamungkas - Bhayangkara FC
3. Frezy Al Hudaifi - Bhayangkara FC
4. Daffa Fasya Sukawijaya - Borneo FC
5. Rabbani Tasnim Siddiq - Borneo FC
6. Ronaldo Joybera R. Junior Kwateh - Madura United
7. Marselino Ferdinan - Persebaya Surabaya
8. Aditya Arya Nugraha - Persebaya Surabaya
9. Ferdiansyah - Persib Bandung
10. Kakang Rudianto - Persib Bandung
11. Robi Darwis - Persib Bandung
12. Achmad Maulana Syarif - Persija Jakarta
13. Alfriyanto Nico Saputro - Persija Jakarta
14. Cahya Supriadi - Persija Jakarta
15. Doni Tri Pamungkas - Persija Jakarta
16. Frengky Deaner Missa - Persija Jakarta
17. Ginanjar Wahyu Ramadhani - Persija Jakarta
18. Muhammad Ferarri - Persija Jakarta
19. Resa Aditya Nugraha - Persija Jakarta
20. Barnabas Sobor - Persija Jakarta
21. Ahmad Raia Irvanza Arditian - Persik Kediri
22. Arkhan Kaka Putra Purwanto - Persis Solo
23. Erlangga Setyo Dwi Saputra - Persis Solo
24. Hugo Samir - Persis Solo
25. Marcell Januar Putra - Persis Solo
26. Zanadin Faris - Persis Solo
27. Brandon Marsel Scheunemann - PSIS Semarang
28. Muhammad Dzaky Asraf Huwaidi - PSM Makassar
29. Sulthan Zaky Pramana Putra Razaq - PSM Makassar
30. Hokky Caraka Bintang Brilliant - PSS Sleman
 
Sumber : Bola.net

Post a Comment

0 Comments