Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Perlu Anda Ketahui, Amalan Paling Bermakna Jelang Ramadhan, yakni...

 

Ilustrasi membaca Alquran. Liputan6 ©2022 Merdeka.com

MAJALAHJURNALIS.Com - Menyambut bulan Ramadhan dengan penuh suka cita dan kebahagiaan memang merupakan salah satu kebiasaan dan tradisi yang dilakukan oleh umat Muslim di seluruh dunia.
 
Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan rahmat dari Allah SWT, sehingga umat Muslim sangat merindukan kehadirannya dan menyambutnya dengan penuh suka cita.
 
Bukan hanya rasa senang, namun umat muslim dianjurkan untuk melakukan berbagai amalan menjelang Ramadhan yang penuh makna.
 
Di mana bulan Ramadhan adalah bulan suci yang datang sekali dalam setahun, sehingga hendaknya dipersiapkan dengan baik agar ibadah selama bulan Ramadhan bisa berjalan dengan lancar.
 
Terdapat beberapa amalan menjelang Ramadhan yang baik untuk dilakukan. Mulai dari meningkatkan ibadah shalat, membaca Al Quran, menunaikan puasa sunah, berdoa dan memohon ampun, serta memperbanyak amalan sederhana seperti berdzikir dan membersihkan diri.
 
Selain itu, terdapat pula anjuran untuk berziarah ke makam untuk mendoakan anggota keluarga atau kerabat yang telah meninggal sebelum menyambut bulan Ramadhan. Ada pula anjuran untuk saling memaafkan untuk mempersiapkan diri dengan hati yang bersih dan tulus sebelum memasuki bulan Ramadhan.
 
Berikut, kami merangkum berbagai amalan menjelang Ramadhan penuh makna, yang bisa diterapkan sehari-hari.
 
Amalan Menjelang Ramadhan
 
Seperti disebutkan, menyambut datangnya bulan Ramadhan, umat muslim dianjurkan untuk mempersiapkan diri dengan baik. Salah satunya dengan memperbanyak amalan menjelang Ramadhan, seperti meningkatkan ibadah shalat, membaca Al Quran, berpuasa sunah, hingga membersihkan diri.
 
Berikut adalah beberapa amalan menyambut Ramadhan dan penjelasannya:
  • Meningkatkan ibadah shalat: Menjaga kualitas ibadah shalat, seperti melaksanakan shalat lima waktu dengan khusyuk dan tepat waktu. Selain itu, meningkatkan amalan shalat sunnah, seperti shalat tahajud, shalat dhuha, dan shalat malam.
  • Membaca Al-Quran: Membaca Al-Quran secara rutin dan menyempatkan waktu untuk menghafal dan mempelajari ayat-ayat Al-Quran.
  • Berpuasa sunnah: Berpuasa sunnah seperti puasa Senin-Kamis, puasa Ayyamul Bidh, dan puasa Daud, sebagai persiapan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.
  • Meningkatkan amal sosial: Memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan, seperti memberikan zakat, sedekah, dan berbagai bentuk amal sosial lainnya.
  • Berdoa dan memohon ampun: Meningkatkan ibadah doa dan memohon ampun kepada Allah SWT, serta memperbaiki hubungan dengan sesama.
  • Menjaga lidah: Menghindari berkata-kata kasar, fitnah, ghibah, dan berbagai bentuk perilaku buruk lainnya.
  • Memperbanyak ibadah lainnya: Seperti berzikir, membaca wirid, dan berbagai bentuk ibadah lainnya yang dianjurkan dalam agama Islam.
  • Membersihkan diri: Melakukan berbagai bentuk pembersihan diri, seperti membersihkan hati dari rasa dengki dan iri, serta merawat tubuh dengan menjaga kebersihan dan kesehatan.
 
Berbagai amalan tersebut memang sederhana, namun dapat membantu Anda mempersiapkan diri dengan baik sebelum menunaikan ibadah suci di bulan Ramadhan.
 
Dengan mengawali perbuatan baik, tentu ibadah selama bulan Ramadhan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan lancar.
 
Anjuran Berziarah Makam
 
Amalan menjelang Ramadhan yang bermanfaat lainnya adalah anjuran berziarah makam. Sebenarnya, tidak ada anjuran khusus dalam agama Islam untuk berziarah ke makam sebelum bulan Ramadhan.
 
Namun, berziarah ke makam para ulama, tokoh agama, atau kerabat yang telah meninggal, dapat memberikan manfaat spiritual bagi umat Muslim, termasuk sebagai persiapan dalam menyambut bulan Ramadhan.
 
Berziarah ke makam para ulama atau tokoh agama dapat memberikan inspirasi dan motivasi dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, serta mengenang jasa dan pengorbanan mereka dalam membentuk dan memelihara kehidupan keagamaan umat Muslim.
 
Selain itu, berziarah ke makam kerabat yang telah meninggal, dapat membantu memperkuat ikatan dengan orang-orang yang telah pergi, serta memperbarui rasa syukur atas hidup dan nikmat yang Allah SWT berikan.
 
Anjuran Saling Memaafkan
 
Amalan menjelang Ramadhan yang dianjurkan terakhir namun tak kalah penting adalah saling memaafkan. Saling memaafkan adalah salah satu anjuran dalam agama Islam yang sangat penting, terutama menjelang bulan Ramadhan.
 
Bulan Ramadhan adalah waktu yang penuh berkah dan rahmat dari Allah SWT, di mana umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan kebaikan dan meningkatkan kualitas ibadahnya. Dalam hal ini, saling memaafkan menjadi hal yang sangat penting karena bisa memperbaiki hubungan antar sesama umat manusia dan memperkuat kebersamaan di tengah-tengah masyarakat.
 
Memaafkan juga menjadi salah satu kunci suksesnya ibadah puasa di bulan Ramadhan. Dengan memaafkan satu sama lain, umat Muslim bisa membuka pintu hati mereka untuk menerima rahmat dan ampunan dari Allah SWT.
 
Selain itu, saling memaafkan juga membantu memperbaiki hubungan sosial dan memperkuat ikatan persaudaraan di antara umat Muslim.
 
Dalam hal ini, umat Muslim dianjurkan untuk tidak menunda-nunda untuk meminta maaf jika telah berbuat salah atau menyinggung perasaan orang lain.
 
Selain itu, umat Muslim juga diwajibkan untuk mengampuni kesalahan orang lain dan tidak mengungkit-ungkit kesalahan yang telah dilakukan di masa lalu.
 
Dengan saling memaafkan menjelang bulan Ramadhan, umat Muslim bisa membuka pintu rahmat dan berkah dari Allah SWT serta menjalankan ibadah puasa dengan hati yang bersih dan lapang.
Sumber : Merdeka.com

Post a Comment

0 Comments