Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Akhirnya Terungkap Setelah 3.300 Tahun. Inilah Wajah Firaun Tutankhamun

 

Hasil rekonstruksi terbaru wajah firaun Tutankhamun. ©Cicero Moraes


MAJALAHJURNALIS.Com - Wajah salah satu firaun Mesir kuno paling terkenal, Raja Tutankhamun akhirnya terungkap melalui rekonstruksi setelah 3.300 tahun.
 
Ilmuwan yang melakukan studi ini menyebut wajah Tutankhamun "lebih mirip seorang mahasiswa muda daripada seorang politikus".
 
Penelitian ini digawangi oleh Francesco Galassi, Elena Varotto, Thiago Beaini, Cicero Moraes dan Michael Habicht. Temuan mereka diterbitkan dalam Italian Journal of Anatomy and Embryology.
 
Selama hidupnya, Tutankhamun disembah sebagai dewa, mewarisi takhta saat dia berumur sembilan tahun. Dia meninggal saat berumur 19 tahun dan terkenal karena harta karun yang ditemukan di dalam makamnya, KV62.
 
Sampai saat ini, makamnya adalah satu-satunya yang ditemukan masih benar-benar utuh, dianggap sebagai penemuan arkeologi paling penting dalam sejarah.
 
"Memandangnya, kami melihatnya sangat mirip seperti seorang mahasiswa muda daripada seorang politikus yang memiliki tanggung jawab penuh, yang membuat sosok bersejarah ini jauh lebih menarik," jelas Cicero Moraes kepada MailOnline.
 
"Dihadapkan pada studi ini, kami mengembangkan data dari orang-orang yang masih hidup, membandingkan proyeksi dengan pengukuran aktual, kami percaya diri bahwa ada kecocokan dengan wajah aslinya," lanjut Moraes, dikutip dari The Independent, Kamis (8/6/2023).
 
Ahli Mesir Kuno dan arkeolog di Universitas Flinders Australia, Michael Habicht mengatakan, rekonstruksi baru ini sangat mendekati dengan rekonstruksi oleh tim ilmuwan Prancis beberapa tahun sebelumnya.
Sumber : Merdeka.com

Post a Comment

0 Comments